Skip to main content

Curug Lawe Benowo Kalisidi

Air Terjun Lawe adalah air terjun yang terletak di Daerah Gunung Ungaran di Semarang. Di air terjun Lawe airnya benar-benar bersih dan tentu saja keadaan alam di sekitarnya sangat indah. Air terjun Lawe dan Benowo berada di utara anak-anak Gunung Ungaran dan menjadi sumber Saluran Banjir Barat atau Sungai Garang di Semarang.

Disebut Air Terjun Lawe karena air yang jatuh dari tebing curam tampak seperti benang putih, yang di Jawa disebut hukum. Versi lain menggambarkan Curug Lawe yang konon dikatakan bahwa jumlah air terjun yang ada, baik dari besar hingga terkecil berjumlah 25 buah dalam bahasa Jawa Selawe.
Di satu daerah ada dua air terjun, air terjun lawe ke barat dan air terjun benowo di timur yang berjarak sekitar 500 m antara dua air terjun.

Air terjun Lawe Benowo Kalisidi atau disingkat CLBK dikelola oleh Pemerintah Desa Kalisidi dan LMDH Bela Pesona sebagai mitra Perum Perhutani Utara Kedu KPH. 4k HTM termasuk asuransi layanan Raharja Putra.

Curug Lawe terletak tidak jauh dari pusat kota Semarang, tepatnya di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

12 km dari kota Semarang atau 7 km dari kota Ungaran. Dari Ungaran (alun-alun) ke Mapagan melewati ke Boja. Tiba di Boja, belok kiri di desa Sumur Gunung, yang nampak tidak jauh dari kampus Unnes, sekarang Gunung Pati. Jalan dari Ungaran ke desa Kalisidi telah diaspal. Selanjutnya, dari persimpangan Gunung Well, ia terus ke selatan sampai peternakan Zanzibar cengkeh memiliki panjang sekitar 3 kilometer dengan kondisi jalan macadam mendaki dengan kemiringan yang bervariasi antara 25-45 persen. Sesampainya di peternakan ini bagi mereka yang membawa kendaraan dapat memarkir kendaraan mereka di dekat rumah geologi.

Jarak dari tempat parkir ke dua air terjun cukup jauh sekitar 30 menit berjalan kaki dengan jejak yang cukup datar, hanya beberapa kenaikan yang tidak masuk akal. Ada dua rute menuju ke sana, jalur tua dan lorong baru. Jika melewati jalur lama akan melewati saluran dan jembatan irigasi dengan sisi kiri adalah teluk yang sangat curam. Sedangkan jika menggunakan jalur baru akan melalui Bride Spoon dan kemudian turun ke bendungan di tepian sungai.

Setelah itu, sekitar 10 menit dari bendungan akan ditemukan 2 ranting, curam menuju Lawe dan menuju Curug Benowo, tetapi sekarang ada jalur langsung dari dan ke dua air terjun tanpa kembali ke cabang asli. Oleh karena itu, mari kunjungi area HTM yang curam juga hanya 4k.

Comments